Belajar dari kota Kecil PATI

0
10
abeng

REBON (16/11/2014).

Pati, sebuah kabupaten kecil yang terdapat di Propinsi Jawa tengah, merupakan kota yang sungguh di luar dugaan saya, yah kabupaten yang sangat indah tertata dengan baik, ramah serta tingkat kesadaran masyarakat untuk hidup tertib pun sudah mendarah daging di masyarakat pati.

Cerita ini saya angkat ketika dengan tidak sengaja saya singgah di kabupaten yang dari Semarang setelah itu Demak Kudus dan Pati. Perjalanan yang sangat membuat saya rindu akan kabupaten kecil tersebut.
Sebuah Kabupaten yang tatanan kota tertib dan asri, sepanjang jalan terbagi atas dua jalu, jalur pertama di khususkan untuk kendaraan roda empat, dan sekitar 1 meter di sebelah kiri jalan terdapat jalur di khsuskan untuk kendaraan roda dua dan becak, sungguh sangat serius pemerintah Pati untuk menata lalu lintas agar menjadi lebih tertib lagi.
Bukan hanya untuk jalan raya, Pati pun di sepanjang jalan saya tidak menjumpai tumpukan sampah di pinggir jalan, karena di sepanjang jalan terdapat tempat sampah yang terjejer rapi di sepanjang jalan, dalam tempat sampah itu di bagi menjadi 3 kotak,serta di sepnajang jalan saya tidak menjumpai para PKL yang berjejer di sepanjang jalan.
Disamping itu saya mencoba mengunjungi alun – alun yang terdapat di depan kantor Bupati, keindahan pun saya jumpai, sebuah alun – alun dengan arus lalu lintas yang sangat ramai, tapi tak ada satu pun mobil angkutan kota yang melintas di sekitarnya, ternyata itu sudah menjadi peraturannya, dan yang membuat saya terkesan ketika menjelang sore satu persatu PKL pun hadir memeriahkan keramaian di alun – alun.
Tatanan sebuah kota yang saya jumpai di kota kecil di Propinsi Jawa Tengah Pati sangat membuat saya terkesan, dan kenapa sebuah kota sebesar Cirebon tidak belajar dari kota yang kecil agar tatanan kota cirebon lebih asri dan lebih membuat warganya merasa nyaman, sebuah pembelajaran buat Pemkab dan Pemkot Cirebon agar belajar dari sebuah kota kecil, bukan hanya belajar atau study banding ke kota besar apalagi di negara lain, ternyata ada yang lebih kita pelajari dari kota Pati Jawa tengah, agar semua menjadi lebih indah dan lebih tertata dengan baik.
SHARE
Previous articleCalissta mengidap Alegille Syndrom
Next articlePengertian Kelompok
Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here