Dapat Ilmu Baru, Gara-gara Ikut Seminar Blogger Mangga di Pringsewu Indramayu

0
11
Didno Ketua Panitia Acara Blogger Mangga di Pringsewu | Foto: Santosa Innovation

Berbagi Pengalaman – Rebon.Org, Cerita hari ini Kamis 19 Feabruari 2015, bertepatan dengan perayaan tahun baru imlek di daerah kabupaten Indramayu. Acara yang satu ini lebih menarik dari acara sebelumnya, saat Komunitas Blogger Mangga menyelenggarakan seminar untuk pelajar di SMPN 1 Gabuswetan, dan Live Streaming bersama Blogdetik beberapa waktu yang lalu.

Kali ini acara seminarnya khusus untuk guru dan blogger. Acara yang diadakan di restoran Pringsewu, Eretan, Indramayu ini dihadiri para master yang menekuni di bidangnya, seperti kang Didno yang bukan hanya seorang guru SMP, tetapi juga seorang Blogger yang tekun dalam bidang tulis menulis, khususnya di bidang teknologi dan gadget. Kemudian ada Nurullah (laki-laki) dia salah satu content editor di Kompasiana.com juga ikut datang dan memberikan materi khusus di bidang tulis menulis, khas-nya di bidang citizen journalism. Ada juga mantan anak buah Ali Akbar si Pakar SEO Indonesia, yakni Ibnu Abbas si pebisnis Kambing Aqiqah Murahnya, kemudian ada Omjay aktivis dari Ikatan Profesi Guru Indonesia.

Tidak ketinggalan juga, saat kita Komunitas Blogger Cirebon (yang diwakili oleh Santosa dan Sunardi) saat diundang ke acara tersebut, para peserta dijamu dengan tontonan-tontonan lokal khas anak muda Indramayu. Seperti musik gambus, tarian topeng, dan penampilan Band asal Indramayu yang bernama Wapin yang ternyata sudah memiliki kontrak kerjasama dengan Malaysia, wah keren_.

Putera dan Puteri Batik Indramayu tahun 2014 | Foto: Santosa Innovation

Jangan salah juga, acara seminar Komunitas Blogger Mangga, juga dipandu oleh Putera dan Puteri Batik Indramayu tahun 2014, semuanya komplit diramu agar semuanya khas ala Indramayu.

Ilmu yang saya dapatkan dari seminar ini sangat banyak, namun hanya beberapa saja yang bisa saya bagikan kepada pembaca Blogger Cirebon dan blogger-blogger yang lain. Insya Alloh, ini penting, hehe….

Dari kang Didno (Blogger Mangga), sebenarnya dari Blog yang bermula dari sekedar berbagi informasi, ternyata dapat juga mendatangkan rezeki dan banyak bidang yang bisa diolah, asalkan dalam ngeblog dapat bermanfaat bagi orang lain.

Nurullah dari Kompasiana | Foto: Santosa Innovation

Dari mas Nurullah, (Kompasiana) tips bermain blog sebenarnya sangat sederhana. Menurutnya, jika kita kehilangan ide untuk menulis, maka tulislah apa yang kita suka, kemudian, baru menulis dengan apa yang dibutuhkan oleh orang lain. Ia pun menasehati kepada kami agar menghargai karya orang lain, jangan membudayakan copy-paste tanpa menyertakan sumbernya, atau pencipta awalnya. Jika ingin mengutip tulisan orang lain, maka sertakan-lah sumbernya.

Dari Ibnu Abbas, (mantan anak buah Ali Akbar – pakar SEO Indonesia) yang sekarang sudah jadi pebisnis online, memberikan materi tentang SEO. Sangat mantap dalam memberikan materi dan pengalamannya, hingga bisa meraih untung jutaan rupiah dari bisnisnya.

Dari Omjay, peraih gelar S3 ini menceritakan pengalamannya tentang tips dalam menulis karya-karya ilmiah dari hasil kompetisi karya ilmiah yang sering ia ikuti dari tahun ke tahun, hingga mendapatkan puluhan juta rupiah.

Nah itulah cerita pengalamannya, Komunitas Blogger Cirebon saat mengikuti acara ini. Nah, kami ngomongin soal pantai Eretann Indramayu, kami berangkat dari rumah pukul: 07.00 WIB, sampai di Pringsewu Eretan, Indramayu, sekitar pukul: 08.50 WIB, sekitar dua jam perjalanan (istimewa). Perjalanan panjang ini belum seberapa, karena kami pun membawa pulang ilmu yang bermanfaat, dan pastinya kami sangat berterima-kasih kepada para master ini dan berikut kepada Komunitas Blogger Mangga yang telah mengundang kami dalam acara tersebut.

Agar dalam perjalanan pulang kembali menuju Cirebon tidak masuk angin, kami pun makan di Restoran Pringsewu, Eretan, Indramayu, gratis.

Buah Semangka, Ayam Kecap, Capcay, Sop Sosis, dan Nasi Putih di Pringsewu Indramayu

Nah, sampai sini dahulu cerita tentang berbagi ilmu baru dari acara seminar penulisan untuk guru dan blogger di Pringsewu Indramayu-nya, nanti kalau ada kesempatan lain saya Santosa anggota Komunitas Blogger Cirebon mau berbagi lagi, untuk menebar manfaat. Salam Rebon.Org.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here