Perpustakaan Umum Pemda Kab Cirebon

4
14
Halaman depan Perpusda kab cirebon


Perpustakaan Umum Pemda Kab Cirebon –  Pada tahun 1980, seorang pemerhati perpustakaan, Bapak Drs H. Sukarso membangun TPMB ( Taman Perpustakaan Masyarakat tipe B) itulah awal mula berdirinya Perpusda kab cirebon dan terus berkembang yang akhirnya sampai sekarang terletak di Jalan Sunan Drajat No.9 Sumber komplek pememerintahan kab cirebon.

Sesuai misi pertama Pemerintah Kabupaten Cirebon, yakni mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, pembangunan diprioritaskan pada peningkatan angka melek huruf melalui peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan peningkatan kemampuan dan budaya masyarakat dalam membaca.

Kini perpustakaan daerah kab cirebon semakin baik dan memilik banyak sekali koleksi ” Perpustakaan ini memiliki sekitar 20.000 judul buku perjudul minimal ada dua buku” Ujar Pak Galih salah satu tenaga honorer di perpustakaan umum daerah kab cirebon.

Semua layanan di Perpustakaan ini GRATIS tidak di pungut biaya sepeserpun, Syarat menjadi anggota adalah anda harus Berdomisili di cirebon atau sedang menempuh pendidikan di cirebon.

Anda hanya akan di denda RP.2000 jika menghilangkan kartu anggota dan di suruh mengaji atau bernyanyi jika terlambat mengembalikan buku.
Selama satu bulan saya PKP disana banyak sekali pengalaman dan pelajaran berharga yang saya dapat di sana.

Oyc Perpusda kab cirebon memiliki fasilitas sangat lengkap anda bisa melihat gambar gambarnya di bawah.

1. Ruang Koleksi Referens
Jenis koleksi ini tidak boleh di bawah pulang hanya boleh di baca di tempat atau di foto copy.

2. Ruang Koleksi Anak
Ruangan ini khusus berisi buku tentang anak anak
3. Ruang Koleksi Umum
Ruangan ini berisi buku buku untuk masyarakat umum
4. Ruang Sirkulasi Peminjaman
Ruangan ini untuk meminjam buku sedangkan untuk pengembalian buku ada di tempat berbeda.
5. Mobil Pintar 
Mobil ini adalah mobil perpustakaan keliling yang setiap harinya berkeliling ke desa desa atau sekolah sekolah dasa di pelosok kab cirebon, Mobil ini ada dua unit.
Dan masih banyak lagi ruangan lain dan layanan lainya seperti layanan bercerita, layanan kunjungan, layanan audio visual dll yang paling penting semua itu GRATIS bro.
Jika temen temen ingin melakukan kerjasama dengan perpusda kab cirebon temen temen tinggal datang langsung mereka semua terbuka dan sangat antusias untuk melakukan kegiatan sosial di cirebon.
Udah dulu yak babay!!

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here