Tokoh Sejarah Peradaban Di Cirebon

0
7
Kapten Samadikun
Sumber: wisbenbae.blogspot.com
Tokoh Sejarah Peradaban Di Cirebon – Dalam sebuah sejarah yang ada disetiap tempat atau daerah, memang tidak terlepas dari peranan para tokoh yang turut andil menorehkan sejarah dimana tokoh ini menjadi salah satu bagian sejarah yang selamanya akan dikenang sebagai bagia penting dari sebuah sejarah. Tidak terkeculai dengan Cirebon yang mana merupakan salah satu daerah yang terkenal akan kearifan kebudayaan didalamnya, dan juga merupakan salah satu titik dimana merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat penyebaran dari agama islam didalamnya.

Banyak sekali tokoh – tokoh sejarah yang ada di Cirebon yang mesti anda ketahui. seperti Sunan Gunung Jati, Mbah Kuwu, Pangeran Cakra Buana, Pangeran Muhammad Haerudin, hingga kapten laut Samadikun yang semuanya memiliki andil sejarah dalam perkembangan hingga kemerdekaan Cirebon melawan para penjajah. Jika anda ingin mengetahui siapa saja yang termasuk kedalam tokoh sejarah yang menjadi bagian peradaban dari Cirebon ini sendiri, berikut ini adalah beberapa ulasannya untuk anda.

Tokoh Sejarah Peradaban Di Cirebon
1.    Pangeran Cakra Buana
Pangeran Cakra Buana ini merupakan salah satu Raja yang memimpin Cirebon untuk pertama kalinya. Beliau merupakan putra mahkota dari Prabu Siliwangi yang merupakan raja dari kerajaan Pajajaran. Pangeran Cakra Buana lebih memilih untuk pindah dan masuk islam ke Cirebon. Dan beliau pun membantu pembangunan kota Cirebon dan memangku tahta sebagai salah satu Raja Pertama di Cirebon yang mana memiliki satu – satunya pewaris yaitu Nyi Mas Pakungwati.

2.    Nyi Mas Pakungwati
Beliau merupakan keturunan dari Pangeran Cakra Buana yang menjadi satu – satunya pewaris tahta dari Cirebon. Kemudian dinihkahkan dengan sepupunya sendiri, yaitu Sunan Gunung Jati, dan secara langsung Sunan Gunung Jati menjadi Sultan Cirebon yang pertama untuk memimpin sekaligus menyebarkan agama islam secara luas, tidak hanya di Cirebon, namun juga di seluruh tanah sunda. Nyi Mas Pakungwati ini sendiri, merupakan salah satu tokoh yang merintis pembangunan masjid Sang Cipta Rasa Cirebon.

3.    Sunan Gunung Jati
Beliau merupakan satu dari kesembilan wali yang merupakan Sultan Pertama Cirebon, yang mana memiliki peranan penting dalam penyebaran agama islam di Cirebon. Dalam masa kepemimpinan Sunan Gunung Jati ini sendiri, perkembangan ekonomi dan juga perkembangan ajaran islam semakin pesat. Yang mana merupakan salah satu tokoh sentral dalam peradaban masyarakat Cirebon.

4.    Ki Gede Wiyong
Beliau merupakan salah satu tokoh penting dalam perang kedongdong yang merupakan perang besar yang terjadi di Cirebon dalam melawan penjajahan Belanda. Perang kedongdong ini sendiri, merupakan peperangan yang merugikan Belanda hingga 150.000 Gulden, dan banyak tentara Belanda yang terbunuh. Ki Gede Wiyong ini sendiri merupakan salah satu tokoh yang menjadi cikal bakal berdirinya Desa Wiyong yang mana merupakan salah satu desa yang ada di Cirebon. Karena berhasil memenangkan pertempuran, maka wilayah desa Kedongdong sebelah selatan berdaulat dan dinamakan desa Wiyong.

5.    Kapten Samadikun
Beliau merupakan salah satu pahlawan laut Cirebon yang melawan kapal perang Belanda, yang akan memasuki Cirebon. Jasanya sangat besar, dimana beliau berhasil menyelamatkan kapal perang milik Cirebon yang juga bisa menghalau Belanda. Beliau wafat tenggelam di laut Cirebon dan untuk mengenang jasanya, maka KRI AL milik Indonesia, dinamai dengan KRI Samadikun.

Masih banyak lagi tentunya tokoh – tokoh yang menjadi salah satu titik sejarah dari Cirebon yang bisa anda ketahui. semoga bermanfaat sebagai salah satu sumber pengetahuan untuk anda seputar sejarah yang ada di Cirebon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here