Tempat Wisata Baru di Cirebon, Curug Gentong

0
7
Curug Gentong, Desa Cipanas, Cirebon | Foto : Santosa

Wisata – Rebon.Org, Sudah pernah sebelumnya menjelajah di berbagai objek wisata di daerah Cirebon? Seperti di Air Panas Pabrik Semen Palimanan, Waterland Kota Cirebon, Situs Kura-kura Belawa, Situ Patok di Pamengkang Cirebon, Situ Sedong Cirebon, dan Pantai Kejawanan Cirebon.

Kali ini, cuma ada satu-satunya di kabupaten Cirebon, yakni Curug Gentong. Wilayah kabupaten yang satu ini kebetulan berada di kaki perbukitan Gunung Cirebon sekitar wilayah selatan atau perbatasan dengan kabupaten Majalengka. Tepatnya di desa Cipanas, kecamatan Dukupuntang, kabupaten Cirebon.

Tempat wisata baru ini, masih terbilang perawan. Karena baru beberapa bulan dibangun oleh warga dan bantuan dari pemerintah setempat. Jalan menuju ke lokasi bisa dilalui oleh roda empat, sedikit berkelok naik sedikit sebelum mencapai lokasi.

Tim Blogger Cirebon mengunjungi lokasi ini bersama dengan rombongan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Cirebon, ada H. Hartono, Bayu, bersama tim dari Badan Pembangunan Daerah Kabupaten Cirebon, ada Agung Gumilang, dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Cirebon, Dangi pada Minggu 29 Januari 2017 kemarin.

Arah menuju lokasi ini dari Lampu Merah Palimanan ke arah selatan kemudian masuk ke desa Girinata, baru arah barat menuju desa Cipanas atau dari Polres Sumber ke arah barat menuju Pasar Kramat, lalu ambil ke arah utara menuju desa Girinata, kemudian lanjut ke arah desa Cipanas. Dari desa Cipanas, ke arah lokasi sekitar 1,4 Km.

Ada air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter, dan dilengkapi dengan lapangan yang ditumbuhi banyak pohon sehingga cocok digunakan untuk perkemahan. Lokasi Curug Gentong juga dikelilingi perbukitan sehingga suasana di dalam begitu sejuk dan rindang. Oh iya, di sana juga sudah ada Flying Fox, Anda bisa mencobanya juga.

Air Curug Gentong juga masih bersih, jernih, dan alami. Di sana juga sudah ada warung, lumayan enak untuk istirahat dengan minum kopi. Namun sayang, di sana belum tersedia listrik, sehingga kalau baterai smartphone Anda low, ada baiknya bawa power bank sendiri dari rumah agar bisa selfie terus. Dari sinyal seluler, di sana masih terjangkau sinyal dari berbagai jaringan.

Di Curug Gentong, belum ada tiket masuk saat saya berada di sana, tapi sudah ada tiket parkir. Tenang saja, tiket parkirnya masih murah dan terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here