Badai yang Menerpa Youtube, Bagaimana Nasib Youtuber?

0
8
Youtubers | Foto : Search Google

Medsos – Rebon.Org, Ibarat sebuah kapal besar, kini kapal yang sedang berlayar di tengah samudera itu sedang dihantam badai besar. Ancaman putus media partner para investor iklan yang bekerja-sama dengan Youtube tidak bisa dianggap remeh, ini mengingat para Youtuber yang tengah mengantungkan pendapatannya lewat Youtube.

Mulai dari badai “banned” yang dilakukan oleh Youtube kepada para Youtuber nakal, yang sering melakukan re-upload terhadap video-video original, sehingga kualitas video di Youtube menjadi buruk yang menyebabkan partner Youtube “kapok”.

Hingga kemunculan video-video rasis dan ekstrimis di Youtube, sehingga pengiklan mengancam akan “pergi” dari Youtube yang memang selama ini jadi media promosi perusahaan kelas kakap dunia.

Lalu bagaimana, dengan “kita” selaku Youtuber yang selama ini mengais receh dollar dari Youtube? Bahkan beberapa waktu lalu juga, Youtube sempat melakukan perubahan struktur dan isu perubahan tentang kebijakan “monetize”.

Perubahan pengaturan pada papan klip dan anotasi secara resmi akan dihentikan, untuk video yang baru diupload (tidak untuk video yang lama). Hingga isu monetize yang hanya diperuntukkan video yang dilihat sudah lebih dari 10.000 viewers, (khusus video yang baru diupload).

Kalau kedua isu itu ternyata benar, wah bakalan ada ada gelombang tsunami di jajaran dunia Youtubers. Sebab, kedua isu tersebut akan banyak menimbulkan “gejolak” medsos.

Jika dibaca dari fungsi video antara di Youtube dengan di Facebook, memiliki hal yang sama. Namun, memiliki jumlah “user” yang berbeda. Hanya saja, di Facebook, belum ada fasilitas “monetize” sehingga, kemungkinan Youtuber masih memikirkan kembali, apakah akan “hijrah” ke Facebook dalam waktu dekat ini.

Jika Facebook mengaktifkan tombol “monetize” di dalam fitur videonya, mungkin hal tersebut akan sangat cepat menjadi senjata “mematikan” bagi Youtube sebagai agensi periklanan berbasis Video. Mengingat user Facebook diklaim sudah mencapai 1 miliar dari penduduk umat manusia di bumi yang katanya mencapai 6 miliar.

Bagaimana, apakah Anda siap dengan “guncangan” yang menerpa Youtube? Atau masih “enak” bermain video di Youtube, tentunya pilihan kembali pada masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here