Ayo Warga Cirebon Bayar Pajak, Daripada Nanti Kena “Gijzeling”

1
21

Kegiatan Blogger Cirebon – Rebon.Org, Mungkin kegiatan ini untuk pertama kalinya Komunitas Blogger Cirebon mengikuti kegiatan Media Gathering yang diselenggarakan oleh DJP Jawa Barat II bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Cirebon Kamis (23/4/2015) di restoran M Point.

Acara ini diikuti oleh sekitar 60 awak media dari berbagai unsur, baik dari media cetak, online, radio, dan eletronik. Semua duduk santai mendengarkan diskusi tentang pajak yang langsung dipimpin oleh Angin Prayitno Aji selaku Kepala Kantor DJ Pajak Jabar II dan moderatornya Noly dari ketua PWI Cirebon.

Singkat cerita, acara yang dimulai sejak pukul 10:00 WIB pagi tadi adalah bagian dari kegiatan sosialisasi tentang berita target penerimaan pajak nasional yang dipatok di angka Rp 1.300 triliun. Angka ini sangat besar dibandingkan target tahun lalu yang hanya sebesar Rp 900 triliun.

Nah saat ini Direktorat Jenderal Pajak wilayah Jawa Barat II (Cirebon dan sekitarnya) mengemban amanah target yang harus ditempuh adalah senilai Rp 45,9 triliun rupiah. Sementara hingga detik ini, target satu tahun itu baru terkumpul sekitar 23,99% yang bakal “jatuh tempo” pada akhir tahun 2015 ini.

Maka dari itulah, “pemerintah” melakukan berbagai upaya untuk mencapai target tersebut, seperti melakukan law enforcement atau dalam bahasa Indonesia berarti penyanderaan (Gijzening) terhadap wajib pajak yang bandel.

Disamping itu katanya, untuk meningkatkan layanan para wajib pajak khususnya pengusaha kena pajak DJ akan memberlakukan faktur pajak elektronik (e-facture). Layanan pembayaran pajak secara online atau yang disebut e-Billing disamping layanan-layanan lain yang telah diluncurkan yaitu e-Filing untuk pengisian SPT Tahunan orang pribadi secara online dan e-SPT untuk penyampaian SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai dan SPT Masa Pajak Penghasilan Pasal 21.

“Memang sangat berarti tapi bukan sesuatu yang mustahil.” menurut Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat II, Angin Prayitno Aji.Ini membutuhkan kerjasama seluruh pihak termasuk insan pers, lanjutnya.

Layanan e-Faktur sendiri akan diberlakukan mulai Juli 2015 ini untuk wilayah Jawa dan Bali, dan pada tahun 2016 akan serentak diberlakukan di seluruh wilayah di Indonesia.

Nah, buat warga Cirebon kalau merasa sudah cukup harta, rezeki, ayo bayar pajak, toh uang yang disetor ke negara untuk kemakmuran bangsa juga. 🙂

Satu kata untuk negeri kita, ayo jadi warga bijak, bayar pajak, lalu awasi penggunaannya. 🙂

Kiri PWI Kuningan, Batik Santosa (Blogger Cirebon), tengah Dodi Nurdjaja (Blogger Cirebon), 
kanan biru jongker Fajar Cirebon, putih Rakyat Cirebon.
Foto: Agus SF (Blogger Cirebon)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here