Blogger Cirebon Ikuti Diskusi dengan Anggota DPR RI di Jakarta

0
13
Ruang Kura-kura I seminar diskusi publik mengangkat isu harmonisasi antara Industri dan Lingkungan

Kegiatan – Rebon.Org, Menjadi suatu moment cukup istimewa bisa ikut serta dalam pembahasan dan diskusi singkat bersama para anggota DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia) di Gedung Kura – kura, di Jakarta, pada Kamis 3 Maret 2016 lalu.

Para anggota Blogger Cirebon (Santosa, SPd, dan M Ridwan bersama 4 mahasiswa lainnya asal Cirebon) bisa menyempatkan hadir di dalam acara yang digagas oleh WEGI (We Green Industry, www.wegi.org).

Acara yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari seluruh Indonesia dan para komunitas Blogger ini antusias dalam pemaparan dari para narasumber, yakni dari Ir. Satya W. Yudha, MSc – Ketua Kaukus Hijau Senayan (DPR RI), Ir. Sigit Reliantoro, MSc – Sesditjen PPKL Kementrian LHK, Dr. Ir. Gatot Kustyadji, SE. MSi. – Direktur Semen Indonesia, dan NP Rahadian – LSM Rekonvasi Bhumi di Danau Cisadanu.

Banyak hal yang dipetik dari acara diskusi di Gedung yang nampak dari luar seperti seekor kura-kura warna hijau telor asin tersebut. Secara singkat, dari menyimak dari pembahasan dari para narasumber ada banyak hal yang ditangkap oleh Blogger Cirebon.

Beberapa yang dicatat oleh Blogger Cirebon, ada lima point yang perlu diangkat, yakni:

  1. Isu global warming yang semakin serius perlu diperhatikan. Indonesia sendiri ditekan oleh negara-negara dunia untuk melakukan action to do dan ditarget melakukan penurunan efek polusi udara atau emisi udara hingga 26% angka target yang sangat besar. 
  2. Masih ditemukannya industri yang belum standar dalam mengurusi persoalan AMDAL (lingkungan di sekitarnya). 
  3. Belum ada regulasi yang nyata dalam mengurusi persoalan masa depan, khususnya untuk penanganan efek global warming sehingga perlu adanya pembahasan di tingkat eksekutif dan legislatif. 
  4. Perlu adanya edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya peranan “jasa lingkungan” demi kesejahteraan warga sekitar proyek bisnis SDA (Sumber Daya Alam) dan demi ekosistem yang ada. 
  5. Perlunya sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam penyelarasan AMDAL, CSR, dan Masyarakat mengenai isu persoalan lingkungan dan kesejahteraan, agar dapat menjaga keberlangsungan. 
Foto bersama para mahasiswa seluruh Indonesia bersama para Blogger dari seluruh Indonesia | Annisa Ayu Intan
Tentunya kegiatan ini tidak sebatas diskusi di Gedung DPR RI semata, rencananya juga akan melakukan kegiatan-kegiatan lingkungan kembali pada event-event selanjutnya, di www.wegi.org. Semoga berkelanjutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here