Sunday, October 15, 2017
Blogger Cirebon

Cirebon Weekend: Saksikan Pementasan Seni Tari “Sukasrana Seda” di Radiant, Gronggong, Cirebon

Seni Budaya dan Wisata – Rebon.Org, Kini malam minggu di Cirebon (CirebonWeekend) bakal diramaikan oleh pentas seni dan tari dari sebuah Kisah Sukasrana Seda,yang merupakan sebuah kisah dari Kitab SASRABAHU, sebuah kisah yang lebih tua dari RAMAYANA. Ini menceritakan tentang Karma dan Pala, sebab akibat, kisah ini memiliki makna ketulusan, keputus-asa-an, dan kesombongan.

Bermula Syahdan, di suatu tempat pertapaan yang bernama Arga Dhana tinggallah seorang ayah dan dua orang anaknya, Sumantri yang memiliki paras rupawan dan Sukrasana yang memiliki wajah sangat buruk rupa. Suatu saat Sumantri ingin mengabdikan diri kepada Prabu Arjuna Sasrabahu, Raja dari Kerajaan Mahespati. Tetapi pada saat Sumantri bertemu dengan Sang Prabu, Sumantri mengatakan satu hal yang membuat marah Sang Prabu dan Sang Prabu pun menolak Sumantri untuk mengabdi kepadanya, tetapi apabila Sumantri dapat memindahkan Taman Sriwedari dari Khayangan ke Kerajaan Mahespati, Sang Prabu akan menerima pengabdiannya.

Akhirnya Sumantri pun berhasil memindahkan Taman Sriwedari berkat bantuan adiknya Sukasrana yang sebenarnya merupakan titisan dari DEWATA “BHATARA DHARMA”, DEWA WELAS ASIH. Tetapi setelah berhasil memindahkan Taman Sriwedari, Dewi Citrawati yang merupakan permaisuri dari Prabu Arjuna Sasrabahu, meminta Sumantri untuk mengusir Sukasrana hanya dikarenakan dia memiliki wajah yang sangat buruk rupa. Karena diperintah oleh Rajanya, Sumantri pun mencoba untuk mengusir Sukasrana dengan menghunus keris Duk Sirna Geni miliknya, Sukasrana pun kecewa dan menabrakkan dirinya ke keris Sang Kakak dan akhirnya Sukasrana pun meninggal.

Pesan yang ingin di sampaikan dalam kisah ini adalah, JANGAN PERNAH LUPAKAN JASA ORANG LAIN DAN JANGAN MELIHAT SESEORANG ITU DARI RUPANYA.

Penasaran bagaimana lakon-lakon tersebut akan mementaskan seni dramanya? Saksikan di The Radiant Convention Hall, Taman Indah Gronggong, Cirebon pada Sabtu malam (7 November 2015), pukul: 20:00 WIB sampai dengan selesai. HTM Rp 50.000,- tiket bisa di dapatkan :

  • Agung 083824550844 (wilayah Kota Cirebon)
  • Hadi 081313414900 (wilayah Kota Cirebon)
  • Santosa 085224731010 (wilayah Kabupaten Cirebon)

Tiket juga bisa didapatkan di lokasi pementasan sebelum dimulai. Ayo visit Cirebon, kapan lagi bisa melihat dan menyaksikan seni dan budaya yang paling indah dan penuh dengan kearifan lokal di Cirebon.

About The Author

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org

Leave A Response