Fenomena Bahasa yang Beredar di CIREBON

4
33
Cirebon
Rebon.org Cirebon adalah jalur strategis di dalam alur perjalanan baik perjalan bisnis atau pun perjalanan wisata, karena Cirebon merupakan sebuah daerah yang di lewati ketika kita dari Jakarta hendak pergi ke daerah jawa tenggah dan ataupun jawa timur. dan begitu sebaliknya. maka tidaklha heran ketika Cirebon di jadikan sebagai kota wisata atau juga kadang di jadikan kota persinggahan.
Disamping letak Cirebon sebagai jalur perjalanan ada hal yang menarik lagi ketika kita berbicara masalah komunikasi masyarakat Cirebon, banyak sekali bahasa yang berada di wilayah Cirebon,
Ide ini terbersit ketika ada perdebatan kalau kalau bahasa Cirebon ko di dominan oleh bahasa sunda, sudah barang tentu dengan perdebatan yang seperti itu maka akan timbulah konflik antar suku, sebenarnya bukan masalah sunda atau cirebonnya, akan tetapi kita harus paham kenapa di Cirebon ko bahasa yang beredar itu bahasa sunda bukan bahasa asli Cirebon, bukan hanya sunda akan tetapi ada bahasa Cirebon tapi ada peleburan peleburan dengan bahasa daerah yang berdekatan.
Kita lihat letak geografis Cirebon, letak Cirebon ketika berbicara Cirebon utara tentu berbatasan dengan Indramayu, Cirebon timur berbatasan dengan kuningan dan tegal, Cirebon selatan berbatasan dengan majalengka. nah ini yang mengakibatkan suatu bahasa menjadi bahasa yang terjadi di daerah masing – masing walaupun masih dalam satu nama Cirebon.
Cirebon utara yang berbatasan dengan indramayu tentunya logat indramayu pun masuk ke dalam bahasa orang – orang Cirebon utara, kita lihat lagi orang Cirebon timur, di daerah ini ada yang berbatasan dengan jawa tengah ada juga yang berbatasan dengan Kuningan, tentunya logat jawa tegah kea rah Tegal sudah tercampur khususnya warga losari dan sekitarnya, akan tetapi ketika kita ke daerah ciledug atau pun ke waled, yang berbatasan dengan kuningan tentunya bahasa mereka adalah bahasa sunda begitupun yang berbatasan dengan majalengka.
Maka tidak lah heran ketika kita ke Cirebon akan tetapi bahasa sehari hari kita tidaklah sama yah walaupun bahasa resmi Cirebon sebenarnya ada yaitu bahasa Kromo atau bisa dibilang bebasan, yang mungkin keberadaan bahasa ini sudah asing di telinga kita, jangan saling menyalahkan ketika bahasa kromo itu hilang di Cirebon, disamping peleburan basaha dengan bahasa perbatasan juga karena masyarakat Cirebon lebih asyik ketika menggunakan bahasa perbatasan, mungkin warga Cirebon pun sekarang kehilangan arah tentang bahasa resmi yang di miliki warga Cirebon, mudah – mudahan ada banyak sekali orang – orang yang peduli dengan bahasa Cirebon yang asli yaitu bebasan alias bahasa kromo.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here