Keindahan Telaga Remis Sebanding Dengan Kuil Emas Kinkakuuji Di Jepang

0
17
Telaga Remis

Rebon.org Telaga Remis merupakan salah satu obyek wisata yang terdapat di Desa Kedeula Kec. Pasawahan Kab. Kuningan kurang lebih 20 Km-an dari kota Cirebon arah Majalengka, Suasana yang sejuk dan asri ini dikarenakan disekeliling telaga banyak ditumbuhi pohon pinus, Alam yang masih hijua dan air yang sangat jernih menambah keindahan telaga remis.
Konon katanya Telaga remis ini adalah air sisa di pincukan daun yang dikumpulkan oleh Prabu siliwangi selama bertapa, karena waktu itu Prabu Siliwangi sedang melakukan pertapaan di hutan batu yang tandus, saat itu Prabu siliwangi mengumpulkan air embun (Dalam bahasa sunda disebut reumis), di dalam pincukan daun, setelah rasa hausnya hilang Prabu Siliwangi berkata “ Ini sisa embun yang pernah menolong saya dari rasa haus, semoga sisanya berubah menjadi tekaga yang kelak akan berguna bagi masyarakat sekitar.” setelah selesai berkata, anehnya di sela – sela bebatuan tempat dibuangnya air sisa itu keluarlah air yang sangat deras dan membentuk sebuah telaga dan dikenal dengan tellaga remis.
Sampai sekarang pun keindahan dan keasrian juga air yang tak pernah surut pun masih daya tarik untuk dikunjungi, dipinggir pinggir telaga terdapat sebuah rumah – rumah makan sangat indah jikalau kita berkunjung dengan sahabat, rekan kerja atau pun pasangan.
Keindahan dan keelokan Telaga remis berbanding terbalik dengan upaya pemerintah Daerah untuk mengelola telaga remis dengan baik, baik dari fasilitas dan tatanan atau pun akes jalan dari pintu masuk kearah telaga masih kurang maksimal, serta yang terpenting dalam segi promosi belum begitu maksimal yang akhhirnya Telaga Remis sepi akan pengunjung.
Padahal kalau kita baik Pemerintah atau wisatawan lokal mengetahui, keindahan dari sebuah Telaga Remis itu sebanding dengan keindahan Kinkakuuji, Sebuah kuil emas yang berada di Kyoto Jepang. Sebuah pemandangan yang di sekitar Kuil Emas Kinkakuuji yang sama sama di kelilingi oleh pohon yang hampir mirip dengan telaga remis, akan tetapi pemerintah jepang dan masyarakat benar – benar menghargai sebuah keindahan dan obyek wisata, ditambah dengan akses jalan yang baik, Menurut salah seorang wisatawan yang berasal dari Cirebon mengatakan “ketika memandang Kinkakuuji serasa melihat telaga remis, akan tetapi disini lebih tertata dan lebih baik lagi pengelolannya”. ungkap Ani iswandi.

 Kuil Emas Kinkakuuji
Tak ayal sebuah keseriusan pemerintah dan pedulinya masyarakat tentang obyek wisata tentunya akan berdampak baik seperti kuil Kinkkakuuji (Kuil emas) di Kyoto Jepang, wallaupun ta semegah dan seindah Borobudur namun namanya jauh lebih tinggi melambung karena konsisten dari pihak pemerintah untuk melestarikan dan menjaga situs atau kebudayan yang dipunya.
Ketika pemerintah serius dan mau mengelola Telaga remis bukan tidak mungkin sebuah keindahan yang di tawarkan oleh Telaga remis bisa lebih terkenal dari Kuil Kinkakuuji Sebuah Kuil emas yang tepatnya di Kyoto Jepang, semoga pemerintah daerah lebih menjaga, melestarikan dan mengembangka budaya dan tempat – tempat pariwisata yang ada di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here