Kenali Ragam Budaya Cirebon di Malam Kamisan Keraton Kacirebonan

0
16

Semboyan negara Indonesia adalah Bhinekka Tunggal Ika, yang berarti meskipun berbeda-beda namun tetap satu tujuan. Dari semboyan ini kita bisa tahu bahwa negara Indonesia ini kaya akan segalanya, mulai dari sumber daya alamnya, banyaknya pulau, suku bangsa, bahasa, tradisi, dan adat istiadat lainnya.

Butuh banyak waktu untuk menggali semua pengetahuan tentang ragam Indonesia, sebagian besar daerah di Indonesia masih memegang teguh tradisi atau adat istiadatnya. Masih banyak hal mistis atau mitos-mitos yang dilakukan oleh bangsa Indonesia ini.

Sebagai contoh, tari topeng beling Cirebon. Tari topeng beling cirebon ini merupakan tarian yang penuh mistis, kenapa? Karena si penari ini tidak sadarkan diri, dia bergerak dan menari di atas pecahan kaca dan benda tajam tanpa terkena luka sedikitpun. Tentu tarian ini hanya dilakukan oleh orang yang benar-benar terlatih. Ada ritual-ritual khusus sebelum menari.
Saya sangat kagum dan bangga Indonesia memiliki ragam budaya, terlebih di Cirebon ini ada acara yang saya sebut sebagai “Malam Kamisan” di Keraton Kacirebonan.

Acara malam kamisan ini bisa juga disebut sebagai wadah bagi para pecinta budaya Indonesia pada umumnya dan budaya Cirebon pada khususnya. Karena di sini kita bisa melihat berbagai pagelaran budaya yang dipersembahkan oleh pihak Keraton kacirebonan, bahkan kita bisa sambil menikmati kuliner-kuliner khas keraton.

Salah satu pertunjukkan budaya yang ditampilkan dalam acara ini adalah tari topeng beling. Tak hanya itu, ada juga tari ronggeng bugis, dan tak ketinggalan tari topeng. Unsur modern pun dihadirkan di kawasan Keraton Kacirebonan dengan adanya pasar rakyat (pasar malam) di halaman depan Keraton Kacirebonan.

Menurut Humas Keraton Kacirebonan, acara ini rutin diadakan setiap malam kamis, biaya masuknya gratis tanpa ada tiket, dan pertunjukkan yang disajikan pun setiap minggunya akan berbeda, jadi tidak hanya tari topeng, dan ronggeng bugis saja.

Ini merupakan suatu kesempatan yang sangat menarik buat kita semua, terutama anak muda Cirebon untuk mengenali lebih dekat lagi budaya Cirebon.

Mau nonton sama Blogger Cirebon? Japri ajah. Hihihi…

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here