Latbar Food Photography NCC Pantura bersama Boy Komarudin

0
23
Nampak peserta antusias dalam praktek food photography
Bertempat di Salah satu café di Jl. Cipto Mangunkusumo, NCC Pantura (Nature Cooking Club) Pantura mengadakan latihan bareng mengenai food photography bersama Boy Komarudin, seorang fotografer yang juga produser acara kuliner di Trans TV. Acara Latbar (Latihan Bareng) ini di ikuti para member NCC pantura dan para pengusaha kuliner se wilayah III Cirebon.

Nampak antusiasme para peserta Latbar dalam mengikuti acara ini, terlebih pembawa materi (Boy Komarudin) yang sangat ganteng kece badai (kata peserta). Sekitar 40an peserta yang semuanya adalah ibu-ibu muda yang kreatif ini tak mau ketinggalan materi yang telah di sampaikan oleh Mas Boy Komarudin.

Fotografer asal Jamblang Kab. Cirebon ini memberikan materi bagaimana caranya memotret makanan hanya dengan menggunakan kamera HP. Meskipun hanya dengan kamera HP, namun dalam prakteknya, hasil dari jepretan kamera HP ini tidak kalah bagusnya dengan kamera digital atau kamera DSLR yang professional.

Selain itu, kelebihan daripada penggunaan kamera HP ini adalah karena pengaturan pada kamera HP sudah otomatis dan simple, jadi tidak usah repot-repot untuk mengatur manual seperti pada kamera digital. Cukup hanya menggunakan aplikasi edit tambahan saja untuk memaksimalkan hasil jepretan agar makanan yang telah kita foto, bisa lebih menarik.

Boy Komarudin sendiri merekomendasikan Snapseed sebagai aplikasi edit fotonya, aplikasi ini cukup simpel. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memotret adalah atur cahaya, jangan terlalu terang atau redup. Kemudian background atau alas makanan yang akan difoto karena bisa mempengaruhi hasil jepretan, dan mempengaruhi juga terhadap selera makanan yang difotonya. Jika makanan itu berwarna gelap atau warna-warni, bisa menggunakan background putih karena orang akan lebih focus untuk melihat makanan tersebut, sehingga bisa menggugah selera orang yang melihatnya.

Karena memotret dengan kamera HP, jangan menggunakan zoom saat memotret karena hasil fotonya bisa jelek dan pecah, lebih baik dekatkan atau jauhkan jarak memotretnya. Setelah itu potret lah dari sudut sesuai dengan selera anda, dari sudut 45 derajat kah atau 90 derajat agar tekstur da nisi dari makanan itu bisa terlihat lebih detail.

Jika memotret malam hari, gunakanlah bantuan cahaya dengan lampu belajar atau lampu emergency yang berwarna putih, bukan lampu yang berwarna lain karena akan mempengaruhi terhadap hasil foto. Gunakan stereoform atau kertas minyak agar cahaya nya tidak memantul pada makanan, dan jangan lupa untuk membuka wadah plastic pada makanan yang bisa memantulkan cahaya.

Sangat simpel sekali teknik atau trik memotret dengan kamera HP ini, cocok buat anda yang mempunyai produk dan mempromosikan dengan foto yang tak kalah bagusnya dengan kamera digital. Selamat mencoba !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here