Lima Lokasi Wisata Favorit di Cirebon yang Layak Dikunjungi Pas Weekend

0
15
Kampung Galmantro di desa Tegal Wangi, Cirebon

Wisata – Rebon.Org, Mau berakhir pekan di tempat yang kaya seni-budaya lokal, dan berwisata kuliner yang rasanya enak? Apalagi kalau ditambah dengan wisata edukasi dan belanja, wah jadi tambah komplit paket liburannya.

Ya, tidak salah lagi. Kalau Anda berkunjung ke kota Cirebon, kota wali, kota udang, kota wisata, kota kuliner, dan kota blogger di Indonesia. Jika Anda ingin mengunjungi Cirebon, maka lima lokasi rekomendasi ini pas banget buat Anda dan keluarga yang ingin menghabiskan waktu berlibur di Cirebon.

Cari Hotelnya
Buat Anda yang ingin berlibur ke kota Cirebon. Jangan lupa, Anda musti cari hotel yang sesuai untuk persiapan piknik Anda. Ada dua hotel yang direkomendasikan oleh saya, yakni di Hotel Metland Cirebon dan Hotel Aston Cirebon.

Bukan tanpa alasan saya merekomendasikan dua hotel tersebut, satu karena Hotel Metland Cirebon berada dekat dengan Stasiun Kejaksan Kota Cirebon, dan Hotel Aston Cirebon berada di jalur By Pass Brigjen Darsono Kabupaten Cirebon (dekat dengan pintu keluar Tol CIPALI Plumbon).

Dari soal fasilitas dan pelayanan, setiap hotel menurut saya sama saja. Hanya saja, sajian menu kuliner khas Cirebonnya kedua hotel tersebut menghidangkan tahu gejrot, nasi jamblang, docang, empal gentong, dan aneka kuliner khas Cirebon lainnya.

Cari Lokasinya
Ada lima lokasi yang tidak boleh Anda lewatkan untuk berkungjung di lima lokasi wisata yang ada di Cirebon, diantaranya :

  1. Keraton Kasepuhan (Kota Cirebon)
  2. Cirebon Waterland (Kota Cirebon)
  3. Kampung Batik Trusmi (Kabupaten Cirebon)
  4. Kampung Rotan Galmantro (Kabupaten Cirebon)
  5. Setu Patok dan Situs Kura-kura Belawa (Kabupaten Cirebon)
Nah di pagi hari, Anda bisa menengok suasana Keraton Kasepuhan yang masih asri, melihat cagar budaya, seni, pada pagi hari setelah breakfast sekitar pukul: 08.00 WIB di hotel dengan sajian sarapan makanan khas Cirebon. 
Kemudian dilanjut dengan berendam dan berenang di Cirebon Waterland, bersama anak-anak dan menikmati suasana pagi di pinggiran laut Cirebon. Berenang di dekat pantai dengan intensitas cahaya matahari pagi juga bagus untuk pertumbuhan tulang anak-anak, karena cahaya matahari pagi baik untuk merangsang vitamin D di dalam tubuh. Manfaatkan moment ini pada pukul 09.00 sampai 10.00 WIB.
Nah habis berendam, kita ajak anak-anak kita untuk mengunjungi kampung Rotan di Tegal Wangi, Weru, Cirebon. Di desa ini mayoritas warganya sebagai penghasil rotan. Anda bisa melihat hasil produk mereka, dan ini jadi tempat edukasi home industry buat anak-anak Anda secara gratis pada pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB.
Saat istirahat, Anda bisa makan empal gentong di sepanjang Jalan Plered – Tengah Tani, atau bisa juga langsung berkunjung ke sentra Kampung Batik di Trusmi pada pukul 13.00-14.00 sambil belanja batik khas Trusmi. 
Dilanjut penutupan berwisata dengan mengunjungi situs Kura-kura Belawa dan Setu Sedong di daerah Cirebon Timur. Lokasi edukasi wisata hewani ini cocok buat putera dan puteri Anda yang ingin mengenal kura-kura langka di dunia yang hanya ada di Cirebon pada pukul 15.00 sampai 17.00 WIB.
Nah, kemudian Anda bisa langsung ambil pulang ke Jakarta atau ke Bandung lewat Tol Cipali yang berada di pintu Kanci di wilayah Cirebon Timur. Bagaimana, enak bukan berlibur di Cirebon, selamat mencoba 🙂
SHARE
Previous articlePolres Cirebon Siapkan Aplikasi Pengaduan
Next articleCirebon Layak Disebut Kota Batik
Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here