Mau Jadi Mahasiswa UNPAD, Ayo Ikuti TryOutnya Bersama GawaRebon!

0
14
Foto: Sosialisasi mahasiswa UNPAD di SMKN 1 Lemah Abang twitter: @GGTS2016

Artikel Publikasi – Rebon.Org, Saat ini pendidikan menjadi suatu hal yang sangat penting mengingat persaingan di dunia kerja yang semakin ketat apalagi sudah memasuki era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya antusias masyarakat Indonesia untuk memperoleh pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Tidak hanya pendidikan wajib saja, kini masyarakat sudah mulai berlomba-lomba untuk memasukkan anaknya ke perguruan tinggi negeri yang terbaik khususnya perguruan tinggi negeri.

Perguruan tinggi negeri tetap menjadi pilihan utama bagi para orang tua dikarenakan kualitas serta biaya yang tidak mahal karena banyak disubsidi oleh pemerintah. Salah satu perguruan tinggi yang menjadi favorit dan pilihan adalah Universitas Padjadjaran (Unpad) karena lokasinya yang cukup strategis khususnya bagi warga Jawa Barat yang memiliki jumlah penduduk tertinggi di Indonesia. Seiring dengan peminat yang ingin masuk Unpad semakin banyak, maka persaingan juga menjadi semakin ketat.

Mayoritas yang berkuliah di Unpad berasal dari luar Bandung dan sekitarnya, untuk mengurangi rasa rindu kampong halaman tidak sedikit mahasiswa-mahasiswa membentuk suatu perkumpulan daerah masing-masing. Salah satunya yaitu Gawarebon (Keluarga Mahasiswa Cirebon) yang merupakan organisasi tempat berkumpulnya mahasiswa yang berasal dari Cirebon. Perkumpulan ini terbentuk pada bulan Desember 2010. Sebelum bernama Gawarebon, perkumpulan ini bernama Himakaci (Himpunan Keluarga Mahasiswa Cirebon). Nama Gawarebon diusulkan oleh Muhammad Ichsan angkatan 2009. Di dalam perkumpulan ini selain untuk tempat melepas rindu dengan Cirebon juga diisi dengan kegiatan yang bermanfaat misalnya kegiatan untuk melakukan sosialisasi mengenai Unpad kepada siswa-siswa SMA di Cirebon yang berminat kuliah di Unpad.

Awalnya kegiatan sosialisasi ini bernama UGTS (Unpad Goes To School). Acara UGTS ini tiap tahunnya berjalan dengan lancar dan sukses berkat koordinator yang memimpinnya, Juanda Sahroni (Fakultas Hukum-2010), Danki (Fakultas Ilmu Budaya-2011), Chandra (Fakultas MIPA-2012).

Seiring dengan semakin banyaknya yang bergabung menjadi anggota Gawarebon maka ide-ide yang dihasilkan semakin kreatif hingga acara UGTS yang kini berubah nama menjadi GGTS (Gawarebon Goes To School) ini semenjak tahun 2015 tidak hanya kegiatan sosialisasi (roadshow) ke SMA saja tetapi diadakan pula try out SBMPTN, dan seminar motivasi. Acara roadshow bertujuan untuk memperkenalkan Unpad kepada siswa-siswa SMA.

Sedangkan acara try out sebagai sarana latihan para siswa dalam menghadapi ujian masuk peguruan tinggi negeri. Acara seminar motivasi bertujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa-siswa yang ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi khususnya ke Unpad agar semakin siap dalam memilih jurusan serta dapat menjalani kuliah dengan sebaik mungkin. Seminar motivasi ini merupakan puncak acara terdapat stand-stand 16 fakultas yang ada di Unpad, terdapat pula acara hiburan yang disiapkan oleh panitia Gawarebon. Pada tahun ini acara GGTS terdapat hiburan tambahan yaitu stand up comedy.

“GGTS jangan dijadikan sebagai ajang promosi unpad melainkan fasilitator untuk informasi mengenai unpad kepada para calon mahasiswa dan mengajak mereka untuk kuliah di unpad dikarenakan unpad menyediakan jurusan yg diminatinya. Jadi GGTS adalah sarana untuk calon mahasiswa mengenal calon kampusnya agar tidak salah pilih”, ujar Kang Chandra (Fisika-2012) yang pernah menjabat sebagai ketua Gawarebon ini.

Ikuti informasi terbaru seputar try out di akun twitter @GGTS2016, dan rencananya try out akan digelar pada awal Februari 2016 mendatang di Cirebon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here