Melihat Potensi dan Kreatifitas Pemuda Cirebon di Caruban Carnival

0
7
Salah satu peserta Caruban Carnival 2017

Minggu kemarin (14/5) Pemerintah Kabupaten menggelar event Caruban Carnival di sepanjang jalan Tuparev, event yang kini menjadi agenda tahunan Pemkab Cirebon ini jadi ajang yang paling ditunggu masyarakat Cirebon, baik masyarakat Kota maupun masyarakat Kabupaten Cirebon itu sendiri karena pada event ini kita semua bisa melihat kreatifitas para pemuda dan potensi-potnsi Kabupaten Cirebon yang ditampilkan dalam bentuk kostum dengan tema yang telah ditentukan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Caruban Carnival mengangkat tema Magnificent of Paksinagaliman. Diangkatnya tema tersebut karena Paksinagaliman merupakan kendaraan peninggalan Kesultanan Cirebon yang terdiri dari 3 jenis binatang, yaitu paksi yang berarti burung, naga yang merupakan badannya, dan liman merupakan kepala gajah.

Karena ingin menjaga kesakralan Paksinagaliman, Caruban Carnival tahun ini tidak ada bintang tamu artis sebagai hiburan. Replika kendaraan Paksinagaliman pun turut dihadirkan disini, Bupati Cirebon turut serta menaiki kendaraan paksinagaliman dalam rangkaian acara Caruban Carnival ini.

Selain itu, beberapa peserta carnaval dari berbagai daerah di Indonesia pun hadir untuk berpartisipasi menampilkan karya-karya terbaiknya, mulai dari Batik Solo Carnival, Kepulauan Riau, Jember, dan semarang.

Sebelum grand show, tentu para peserta carnaval diberi bekal serangkaian kegiatan pra event yang telah ditentukan panitia agar para peserta carnaval bisa maksimal dalam menampilkan kreatifitas dan potensinya, tak heran jika banyak para penonton yang berebut untuk berfoto bersama dengan para peserta carnaval karena mereka kagum melihat kreatifitas para pemuda Cirebon itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here