nama tajug Wa Rebon Tukang Dongeng Cirebon

Blogger cirebon, mulai februari 2018  Komunitas Blogger Cirebon (www.rebon.org) mencoba kembali aktif di channel youtube blogger cirebon. Pada tanggal 4 Feb 2018 lalu, merilis salah satu video berdurasi kurang lebih 4.30 menit dengan cerita yang disampaikan oleh Wa Rebon tukang dongeng Sejarah cirebon..

Dalam channel ini Wa Rebon menceritakan tentang arti nama Tajug yang diambil dari beberapa sumber dan terinspirasi dari buku karya profesor Dr. H. Dadan wildan tentang Sunan Gunungjati sebagai sumber pembuka pertama dalam bercerita tentang sejarah cirebon, untuk membangun semangat mencintai budaya dan sejarah Cirebon yang semakin tergerus oleh perkembangan jaman .

Istilah atau nama Tajug yang diceritakan, menurut Wa Rebon, adalah penamaan arsitektur bentuk bangunan yang memilili atap seperti piramid (bentuk kerucut beralas bujur sangkar). Seperti halnya nama bangunan rumah joglo yang memiliki arsitektur atap joglo. Bangunan–bangunan yang memiliki atap tajug seperti surau, musholah , masjid atau tempat ibadah muslim lainnya inilah yang kemudian disebut bangunan tajug.

Nah, bagaimana dan seperti apa selanjutnya kita tunggu saja cerita sejarah lainnya dari Wa Rebon Tukang Dongeng Cirebon jangan lupa share dan subscribe channel y…..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *