Ono Kidung Hanacaraka #Gotrasawala2016 @ Goa #Sunyaragi Cirebon

2
20

Sampai malam ke dua, Gotrasawala 2016 di Taman Air Goa Sunyaragi, makin menyuguhkan pagelaran yang membuat para penonton menjadi merinding.

Pada malam pembukaan acara Gotrasawala 2016, tanggal 12 Agustus 2016 lalu, kelompok Band Krakatau Ethno menyuguhkan musik yang bisa membuat para penonton merinding.

Pada malam berikutnya, tanggal 13 Agustus 2016, kelompok Seni Budaya asal Indramayu menyuguhkan olah gerak “Rara Roge” yang makin menggetarkan, selain membuat merinding.

Tari Rara Roge
Tari Rara Roge

Tari Rara Roge
Tari Rara Roge

Dengan iringan gamelan yang agak lambat namun tegas, tembang “Hanacaraka” sebagai penguat ritme, berkumandang bagaikan mantra yang menghipnotis para penonton. Bersamaan dengan itu, tembang mantra lainnya mengalun dengan lembut namun jelas. Sebagian besar mantra adalah petuah-petuah dalam bahasa jawa Cirebonan, yang bisa ditemui juga di naskah-naskah Babad. Yang mungkin paling dikenal dalam rangkaian tembang itu adalah tembang mantra “Ono Kidung”.

Olah gerak para penari utama wanita, berbalut kain putih, mengingatkan kepada kain kafan. Olah gerak yang menyuguhkan purity sekaligus kompleksitas.

Tanpa banyak penjelasan lagi, silakan tonton cuplikannya yang sudah diunggah di web youtube di bawah ini.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here