Pementasan Baridin Ratminah di Event Gotrasawala, Bius Muda Mudi Cirebon

0
14
Pementasan Baridin Ratmiah di Event Gotrasawala, Bius Muda Mudi Cirebon
Pemeran lakon Baridin Ratminah foto bareng usai pementasan | Foto : Rebon/M Taufik Hidayat

Kisah cinta baridin dan ratminah kisah cinta yang sangat melegenda, Kalau di Italia ada kisah Romeo dan Juliet, di Cirebon ada Baridin dan Ratminah. Baridin dan Ratminah adalah sebuah legenda percintaan asli Cirebon.
Dalam Rangkaian Gotrasawala Hari ke dua Blogger Cirebon Taufik dan Ridwan ikut menyaksikan pementasan “lakon Baridin Ratminah” di gedung kesenian Nyimas Rarasantang Kota Cirebon Sabtu (13/8).
Muda mudi Cirebon sangat menikmati jalan cerita baridin ratminah, tak sedikit dari mereka mengabadikan jalannya pementasan ini dengan ponselnya. Pementasan baridin ratminah ini mendapat apresiasi dari warga Cirebon dan sekitarnya, ini dilihat dari tempat duduk di Gedung Nyimas Rarasantang penuh.
Baridin dan Ratminah bercerita mengenai kisah cinta muda mudi yang berbeda status sosial. Baridin sosok laki-laki yang berasal dari keluarga yang tidak mampu anaknya Mbok Wangsih. Baridin jatuh cinta kepada Ratminah kembang desa Anaknya Bapak Dam orang terkaya di kampungnya.
Singkat Cerita Baridin jatuh hati kepada Ratminah pada pandangan pertama, namun apa yang terjadi cintanya Baridin tidak hanya ditolak tetapi dihina mentah-mentah oleh Ratminah.
Setengah mati baridin membujuk dan meminta kepada orang tuanya untuk melamar Ratminah sang bunga desa yang dari keluarga mapan dilamar pria kampung yang dari keluarga tidak mampu. Tidak hanya ditolak lamarannya ratminah juga mengusir Ibunda Baridin untuk segera keluar rumahnya yang mewah juga sambil meludahinya.
Sakit Hati Cintanya Ditolak dan harga diri dihina Baridin kemudian melakukan ritual dengan berpuasa selama 40 hari sambil komat-kamit membaca mantra kemat jaran goyang hingga membuat Ratminah gila dan mencari Baridin dan saat dipertemukan keduanya meninggal.
Pementasan lakon Baridin Ratminah ini oleh Tjaroeban Inculture Theater yang didukung oleh theater SMK Rise Kedawung Cirebon, SMAN 9 Cirebon, dan SMKN 2 Cirebon.

Buat yang mau nonton cerita Baridin Ratminah bisa liat di https://youtu.be/Yp6gAVTHNMo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here