Tentang Kota Cirebon, di Mata Seorang Penulis

0
13
Peta pulau Jawa | Foto: Banjoemas

Surat Pembaca – Rebon.Org, Cirebon itu, kota yang mempunyai banyak kenangan. Kota ini terletak di Provinsi Jawa Barat, yang memiliki banyak julukan dari Kota Wali, Kota Udang hingga Kota Transit. Potensi yang dimilikinya pun tak kalah dari mulai kuliner, kesenian dan wisata sejarahnya. Oleh karena itu banyak orang-orang yang berkunjung di kota ini walau sekadar untuk berwisata dan keperluan bisnis.

Mentari mulai menampakan dirinya perlahan-lahan, udara segar, angin sepoi-sepoi pun berhembus di Area Jogging Track Alun-alun Kota, disini banyak sekali orang yang berolahraga. Pemandangan yang sungguh indah pun dapat dirasakan untuk melepas lelah usai berolahraga, kebetulan disampingnya adalah bangunan yang menjadi ikon Kota Wali dan tujuan wisata religi yaitu Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon.

Setalah merasakan keindahan pagi hari, hal yang paling enak dan perlu dicoba itu kulinernya. Salah satu kuliner yang ditunggu-tunggu adalah Nasi Jamblang Mang Dul, yang terletak di Jalan Cipto Mangunkusumo persis di perempatan lampu merah perbatasan kota. Kuliner ini banyak sekali dikunjungi, bahkan katanya pernah dikunjungi oleh salah satu Presiden Indonesia yang waktu itu sedang berkunjung ke Kota Cirebon.

Lalu, ada yang kurang rasanya bila datang ke Kota Cirebon, tapi tidak ke objek wisatanya. Di Kota ini banyak tempat-tempat cukup menarik, mulai dari Pantai Kejawanan, Goa Sunyaragi, Keraton Kesepuhan, Keraton Kacirebonan dan banyak lagi yang lainnya. Dari tempat wisata itu dapat digali sejarah yang luar biasa, perjuangan  rakyat cirebon dan kehidupannya dapat dirasakan dalam peninggalan-peniggalannya.

Kota Cirebon sekarang itu, kota yang kecil tapi tak ada matinya. Dari pagi hingga malam kota ini selalu ramai, terlebih di malam minggu. Aktivitasnya beragam mulai dari lalulalang orang kantor, anak sekolah, pedagang hingga kegiatan bisnis seperti mall-mall, restoran dan hotelnya. Banyak orang dari luar kota juga bersinggah disini, entah untuk melakukan kegiatan bisnis, pendidikan atau kunjungan kerja. Coba saja dilihat, dari mobil yang berplat nomor B, D, G, dan sebagainya dengan mudahnya itu di temui di Kota Udang ini.

Kota Transit, ya penuh kenangan dan cerita tersendiri bagi penghuninya. Ia takkan pernah pudar oleh usia, semuanya berjalan bergitu saja. Semakin hari, semakin banyak cerita. Dari titik-titik kota ini selalu menyisakan cerita yang baru, entah itu harapan, cinta maupun kebahagiaan. Orang-orang yang pernah bersinggah disini pun selalu ada keinginan, kapan ya mengulangi lagi, kapan ya berkumpul dan duduk bersama disini, di Kota Cirebon.

Ya, semuanya adalah cerita yang mungkin dapat diceritakan kepada anak cucu kelak, walaupun kota ini kecil tetapi penuh dengan cerita. Tak akan pernah luput dari ingatan para pencerita yang memiliki kenangan yang luar biasa disini. Ya, karena dikota inilah dipertemukan, disatukan dan digerakkan untuk dapat mengambil peran dan berlaku dewasa.

Penulis : Irfan
Editor : Santosa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here