Sunday, November 19, 2017
Blogger Cirebon

Yuk Ke Jublagan Festival 2017

Jublagan merupakan sebutan untuk sebuah tempat ditepian sungai yang dipergunakan sebagai pusat aktifitas masyarakat pesisir, khususnya di pesisir Dusun Depok, Desa Grogol Kec. Gunung Jati Kab. Cirebon. Depok berbatasan langsung dengan sungai Bondet, sungai yang bermuara langsung dengan laut Jawa. Mayoritas masyakat desa ini berprofesi sebagai nelayan.

Rasa kekeluargaan, kerja sama saling gotong royong di desa ini begitu lekat, mulai dari anak-anak hingga dewasa, baik perempuan maupun laki-laki saling bergotong royong dalam mengelola atau mengolah hasil tangkapan laut.

Berawal dari sinilah para pemuda Depok Kec. Gunung Jati ini terus berupaya menciptakan generasi yang produktif, kreatif, dan inovatif. Salah satu adat atau tradisi dari masyarakat pesisir jawa barat adalah nadran.

Nadran merupakan perayaan yang bertujuan mensyukuri hasil dari laut, dan ini merupakan bentuk doa agar para nelayan diberi keselamatan dan hasil yang melimpah dalam mencari hasil laut. Perayaan nadran ditandai dengan menyembelih kerbau dan membawa kepala kerbau tersebut ke lautan lepas, lengkap dengan bunga-bunga dan suguhannya dengan pawai perahu, momen ini disebut dengan lumbanan atau ngelarung.

Dalam prosesi nadran ini terdapat pertunjukan wayang dan di iringi tabuhan gamelan. tak hanya wayang dan gamelan, ada beberapa hiburan dan tradisi yang digelar dalam acara ini, seperti pawai karnaval perahu, tari topeng, tarling chandra kirana, marawis, rebana, dan pertunjukan menarik lainnya. Nadran memiliki nilai solidaritas yang tinggi, dengan semaraknya tradisi nadran ini diharapkan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk menyaksikan tradisi ini.

Jublagan Festival 2017 akan digelar pada hari Minggu, 5 November 2017 mulai jam 07.00 WIB hingga tengah malam. Acara ini berpusat di Desa Grogol Blok Depok Kec. Gunung Jati Kab. Cirebon.

Masyarakat yang ingin menyaksikan tradisi ini gratis, tidak dipungut biaya. Ayo kenali tradisi Cirebon.

About The Author

Blogger tekno and #photoblogger

Leave A Response