Yuk Kenali Cirebon Lebih Dalam

0
14
Peta Cirebon versi zaman dulu | Foto: Mensen Van Tjeribon
Surat Pembaca – Rebon.Org, Cirebon, salah satu daerah yang berada di ujung timur provinsi Jawa Barat, daerah yang kaya akan nilai-nilai Budaya. Cirebon terkenal dengan julukan kota Udangnya, daerah ini dulunya merupakan basis dai berkembangnya agama Islam di tanah Jawa Barat dan Sekitarnya, terbukti dengan dipilihnya kawasan ini oleh salah satu walisanga yaitu Syekh Syarif Hidayatullah atau yang biasa disebut dengan Sunan Gunung Jati, sebagai basis dari strategi dakwah beliau. Dari sinilah nanti akan menghasilkan peninggalan-peninggalan yang sampai sekarang masih bisa kita rasakan.

Kata Cirebon sendiri menurut salah satu teori menjelaskan bahwa kata tersebut berasal dari kata Caruban yang berarti Majemuk. Terbukti dengan banyaknya berbagai suku yang tinggal di daerah ini sejak awal berkembangnya mulai dari Sunda, Jawa, India, Tiongkok, Arab dll. Berperan penting dalam perkembangan daerah Cirebon sendiri. 

Bahkan ada kosakata seperti pekalipan yang menunjukan nama wilayah yang didominasi oleh suku Arab atau pecinan yang menunjukan nama wilayah yang didominasi oleh suku Tiongkok. Oleh karena itu sangatlah tidak heran kalau rasa toleransi sudah dipupuk sejak dulu didaerah ini.

Berbicara tentang cirebon tidak bisa lepas dari ikon-ikon Cirebon seperti batik mega mendung, gua sunyaragi, 3 keraton (Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan), Sunan Gunung Jati, dll. Banyak potensi budaya yang bisa dikembangkan lebih lanjut, dan menjadi ciri khas daerah Cirebon. Selain itu juga bisa menjadi pemasukan pendapatan untuk daerah Cirebon dan bisa menumbuhkan perekonomian yang kuat serta menimbulkan peningkatan kesejahteraan sosial didaerah Cirebon sendiri.

Cirebon juga memiliki wisata Religi yang bisa anda dapati ketika berkunjung ke Cirebon, yang pertama ada situs makam Sunan Gunung Jati yang terletak di Gunung Jati. Disana anda bisa berziarah bagi yang muslim sekaligus bisa melihat percampuran antara budaya Arab, Jawa, dan Tiongkok dalam satu kesatuan misalnya anda bisa melihat keramik-keramik Cina zaman dahulu yang dibawa oleh Putri Liontin ketika hendak menikah dengan Sunan Gunung Djati, ditembok-tembok situs tersebut. 

Anda bisa juga mencari oleh-oleh dikawasan situs tersebut, karena banyak yang menjajakannya. Selanjutnya, ada Masjid Agung Sang Cipta Rasa, masjid yang menjadi basis penyebaran agama Islam pada masanya ditanah Jawa Barat dan sekitarnya ini memiliki banyak keunikan disegi Arsitekturnya yang wajib anda kunjungi ketika datang ke Cirebon.

                
Penulis : Sufyan Saori 
Editor : Santosa
SHARE
Previous articleInilah 4 Hasil Jepretan Kamera Andromax R2
Next articleAndromax A Hp Android Termurah se-Indonesia
Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here